Monday, December 3, 2018

Sistem Fuzzy Logic



by dwinanjar Aji santoso,
Email: purwokertorobotic@gmail.com
  

Dasar Teori Sistemfuzzy logic

Fuzzy logic adalah salah satu sistem kecerdasan buatan tipe reasoning. Diantara  sistem  kontrol  cerdas  yang  berkembang  pesat,  sistem  kontrol  fuzzy termasuk ke dalam sistem kontrol cerdas yang semakin populer. Metode pengendalian dengan logika fuzzy mempunyai kelebihan dibandingkan dengan jenis pengendalian lainnya, diantaranya adalah tidak diperlukannya model  matematik yang eksplisit dari sistem yang dikendali dan algoritma pengendaliannya  sangat  sederhana. Fuzzy logic  pertama  kali  dikenalkan oleh Lotfi Zadeh, seorang profesor di University of California di Berkeley. 
Fuzzy logic sudah banyak diaplikasikan dibidang teknik diantaranya pada mesin  cuci,  kamera  yang  bisa  memfokuskan  secara  otomatis,  kontrol  sistem transmisi pada mobil dengan model terbaru, sistem pendaratan otomatis untuk kapal terbang, kontrol helikopter otomatis, sistem AC otomatis, kontrol motor sinkron, dll.
Salah satu kelebihan fuzzy logic adalah memiliki kemampuan untuk mengakomodasi informasi linguistik dan numerik dari suatu sistem. Kemampuan ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah nonlinieritas yang  sulit diatasi oleh pengontrol linier biasa, yaitu dengan mendeskripsikannya dalam sejumlah aturan linguistik atau pengetahuan tentang struktur I/O. Secara umum dalam sistem logika fuzzyterdapat empat buah elemen dasar, yaitu:

  1.  Basis kaidah (rule base), yang berisi aturan-aturan secara linguistik yang bersumber dari para pakar;
  2. Suatu mekanisme pengambilan keputusan (inference engine), yang memperagakan bagaimana para pakar mengambil suatu keputusan dengan menerapkan pengetahuan (knowledge);
  3. Proses fuzzifikasi (fuzzification), yang mengubah besaran tegas (crisp) ke besaran fuzzy;
  4. Proses defuzzifikasi (defuzzification), yang mengubah besaran fuzzy hasil dari inference engine, menjadi besaran tegas (crisp).
  5. Blok diagram fuzzy logic control dapat dilihat pada gambar beriku 
Blok diagram fuzzy logic control

 

Referensi
[8]Kusumadewi Sri. 2003. Artificial Intelligence (Tehnik Dan Aplikasinya), Graha Ilmu, Jogjakarta.

No comments:

Post a Comment